28 April 2013

Manfaat melakukan aktivitas fisik setiap hari




MANFAAT MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK SETIAP HARI
dr.Fathurrohim, M.Kes
Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Banten  


Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.. Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan berupa kegiatan sehari-hari, yaitu: berjalan kaki, berkebun, kerja di taman, mencuci pakaian, mencuci mobil, mengepel lantai, naik turun tangga, membawa belanjaan. Sedangkan jenis olah raga yang bias dilakukan yaitu: push-up, lari ringan, bermain bola, berenang, senam, bermain tenis, yoga, fitness dan angkat beban/berat.
            Untuk melakukan aktivitas fisik dilakukan secara teratur paling sedikit 30 menit dalam sehari, untuk kesehatan jantung, paru-paru serta alat tubuh lainnya. Jika kegiatan ini dilakukan setiap hari secara teratur maka dalam waktu 3 bulan ke depan akan terasa hasilnya.
Manfaat aktivitas fisik secara teratur  diantaranya :

·         Mengontrol Berat Badan

Aktivitas secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Aktivitas fisik dapat membakar kalori. Semakin intens aktivitas, semakin banyak kalori yang dibakar.
·         Dapat Menjaga Kesehatan Dan Terhindar Dari Penyakit
Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah atau mengelola berbagai masalah kesehatan termasuk stroke, penyakit metabolisme, kencing manis tipe 2, stress, kanker, dan arthritis.

·         Dapat Meningkatkan Mood

Berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu mengurangi stress dan emosional. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membua lebih bahagia dan lebih santai. Dan lebih baik dalam penampilan serta dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan harga diri Anda.

·         Dapat Meningkatkan Energi

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Latihan dan aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu sistem kardiovaskular untuk bekerja lebih efisien. Dan ketika jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, akan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan .

·         Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu tidur lebih cepat dan memperdalam tidur. Hanya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

·         Dapat Memperlancar Kehidupan Sex Anda

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan energi yang memiliki efek positif pada kehidupan seks dan aktivitas fisik yang teratur dapat menyebabkan gairah lebih meningkat untuk wanita. Dan pria yang berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi dari pada pria yang tidak berolahraga.

·         Menyenangkan

Aktivitas fisik dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Ini member kesempatan untuk bersantai, menikmati alam atau hanya melakukan kegiatan yang membuat bahagia. Aktivitas fisik juga dapat membantu  terhubung dengan keluarga atau teman dalam pengaturan sosial yang menyenangkan.
Bagaimana cara keluarga dan kader untuk mendorong anggota keluarga untuk melakukan aktivitas fisik yang rutin setiap hari
  • Manfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk mengingatkan tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik.
  • Bersama anggota keluarga sering melakukan aktivitas fisik secara bersama, misalnya jalan pagi bersama, membersihkan rumah secara bersama-sama, dll.
  • Ada pembagian tugas untuk membersihkan rumah atau melaksanakan pekerjaan di rumah.
  • Kader mendorong lingkungan tempat tinggal untuk menyediakan fasilitas olahraga dan tempat bermain untuk anak.
  • Kader memberikan penyuluhan tentang pentingnya melakukan aktivitas fisk.

 

Tidak ada komentar: