29 April 2013

Hari Kesehatan Sedunia ke 65 tingkat Provinsi Banten

PERINGATAN HARI KESEHATAN SEDUNIA KE-65
TINGKAT PROVINSI BANTEN TAHUN 2013 
 
 








Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang menjadi tanggung jawab setiap orang, keluarga dan masyarakat serta didukung oleh pemerintah. Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan Pembangunan Kesehatan ditujukan bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.
Peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2013 mengusung tema “Waspadai Hipertensi, Kendalikan Tekanan Darah” (“Blood Pressure Take Control”). Melalui tema Waspadai Hipertensi diharapkan kita semua akan lebih memperhatikan dampak dan tantangan kesehatan masyarakat akibat hipertensi. Untuk itu upaya kesehatan harus ditingkatkan secara terus-menerus untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan, karena setiap orang berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan, lingkungan yang sehat dan penyampaian informasi serta edukasi tentang kesehatan yang seimbang dan bertanggung jawab.
 Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat serta menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan juga menjadi  tanggung jawab masyarakat, oleh karenanya dalam hal ini perlu kiranya dukungan dan peran serta dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan rangkaian Hari Kesehatan Sedunia yang ke – 65 dan sosialisasi rencana operasional Rumah Sakit Umum Daerah Banten ini akan melibatkan berbagai sektor termasuk dari sektor pendidikan dan olah raga dalam upaya mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat dan siswa.

 

Tidak ada komentar: